Wednesday, June 29, 2011

Tips Cepat Bisa Golf




Hasil 6 bulan belajar golf
Desember lalu mulai dari nol diajak main golf, setelah 6 bulan latihan rutin minimal 2 kali seminggu di driving range dan sekitar 10 kali nyoba turun lapangan hasilnya lumayan juga, paling bagus awal bulan ini,  bareng caddy di Cilangkap bisa mencapai score 91 atau 19 diatas par dan mendapat par sebanyak 6 kali (tapi dari teebox putih & pake moligan 3 x hehehe, maklum pemula, kalo jelek disuruh disurung caddy ngulang) ,sangat lumayan untuk pemula yang sudah diatas 40 tahun

Berikut Tips berdasarkan pengalaman pribadi  bagi sesama  para beginner golfer yang pengen cepet bisa bermain golf.


  1. Punya kemauan kuat & tidak mudah menyerah : ini sangat penting karena golf  termasuk paling sulit dan sensitif, perlu kesabaran sekitar 2 sd 3 bulan untuk latihan dasarnya, banyak teknik yang harus dikuasai dan harus benar mulai dari  cara pegang/grip, berdirinya, back swing, impact, folowthrough, feeling, dll. salah dikit biar sudah pro hasilnya tetep bisa ngaco    
  2. Harus pake pembimbing, karena hampir gak mungkin bisa main  dengan cara otodidak. jangan sampai  buang-buang waktu tenaga dan uang hanya untuk memperdalam yang salah..
    yang terbaik dibimbing Pro karena punya pengalaman, teori golf yang benar & metode pengajaran, bisa juga dari cady senior atau pemain senior tapi  yang punya handicap single.  Tapi dengan target yang jelas. Standardnya  2x pertemuan seminggu selama 2 bulan cukup untuk meletakkan dasar-dasar permainan dan otot2 tubuh anda sudah menyesuaikan dengan olahraga yang cukup sulit ini.  Jangan karena pengen cepat bisa terkecoh dengan jaminan 4 kali latihan bisa... "hil yang mustahal" kata timbul, 
  3. Mulai kenalan dengan Putting di putting green: belajar put menyenangkan dan keliatannya mudah, hal ini dimaksudkan agar pemula enjoy dulu dan memahami target akhir golf.Putting jarak dekat, jauh, turun, naik , miring kiri/kanan adalah permainan yang menantang. Ingat 40 % permainan golf adalah di putting
  4. Kuasai iron 7 & 8 dulu : karena ini stick dengan panjang yang standard,  bisa pinjem ato beli, klo beli bagi pemula mending beli second dulu
  5. Fahami Fisika dalam Swing Golf : UNTUK LEBIH CEPAT BISA memahami fisika golf
    sangat penting, agar faham bahwa kekuatan impact bukan dari kerasnya ayunan dengan otot2 tangan untuk memukul bola, tapi bagaimana kita gerakan yang serasi untuk mengoptimalkan gaya sentrifugal yang bekerja dalam swing golf, jadi walau kita bertubuh kecil tetap bisa menghasilkan pukulan yang jauh. selengkapnya baca disini => FISIKA DALAM SWING GOLF  

  6. Tetapkan target bulanan: misal bulan pertama (pake iron no 7 atau 8) 50 % pukulan bola bisa kena dan melambung, bulan kedua 70 % kena, melambung jauh dan lurus , jarak standard iron 8 sekitar 125 meter, iron 8 sekitar 135 meter, bulan ketiga sudah mulai bisa mukul terarah dan terukur jaraknya, dengan memukul bola kearah bendera-bendera jarak 50 75 100 125 yang ada di driving range  
  7. Utamakan kebenaran gerakan swing, bukan jarak jauhnya pukulan : ini yang paling menguras kesabaran selama 3 bulan pertama atau 5000 bola driving. karena perasaan selalu ada aja salahnya, salah grip, backswing, buru2 mukul, posisi tangan waktu impact,  bahu naik, mata nengok dll 
  8. Jangan buru-buru Pake Driver tapi Kuasai iron sampe benar  tidak  buru2 pengen pake driver: karena driver juga wood 3 ukurannya paling panjang jadi paling sulit dan sensitif, bahkan konon klo latihan di US awal2 turun lapangan gak boleh pake driver maupun wood
  9. Tidak buru2 pengen turun lapangan kala blom bener, khawatir ngejar target skore melupakan cara swing yang benar. konon perwira TNI harus driving 10.000 bola dulu baru boleh turun,  Saya   bulan ketiga setelah 3000 bola baru turun. Di beberapa lapangan di luar negri kalau mau main harus tunjukkan data/kartu handicap anda, kalau gak ada disuruh mukul beberapa bola dan kalau masih ngaco dilarang turun lapangan karena  bisa membahayakan pemain lain di lapangan karena terkena bola  Anda 
  10. Rutin driving dan perbanyak short game : saya paling seneng driving di cilandak karena lengkap, dengan paket 75 rb dapet driving 100 bola, ngechip & putting 1 jam bola dah disediakan,  dan dapet 1 putaran mini golf 9 hole pendek tapi lengkap dengan bunker dan halangan kolam
  11. kalau Sudah Turun lapangan Tetap Rutin Driving : Setelah mulai enak ,  tetap 2-4 kali driving 1 kali turun lapangan agar hasil konsisten, karena driving ibarat bengkel tempat perbaikan dan setel2 mesin kalo main itu ibarat ajang lombanya, maka jangan keenakan main terus... score gak bakal turun, Walau sudah berkali-kali juara,  Tigerwood masih rutin Driving Tiap Hari
  12. Main Ngaco.. Segera Perbaiki di Driving :Kalo waktu main banyak salah, jangan langsung pulang, sempatkan ke driving range untuk perbaikan, mumpung masih inget kesalahan2 minta nasihat pro di driving range, apa  kesalahan2 terbanyak dan bagaimana perbaikannya
  13. Catat Kinerja setiap main dalam Scorecard : Supaya ingat apa salah2nya maka wajib punya catatan sendiri di scorecard,  tiap hole dicatat hasil pukulan kita: teeoff, 2nd shot, chip, putt, jadi terdata sepanjang 18 hole pukulan apa yang salah & apa keslahannya misal Slice, Hook, Grounded, Topping, atau ngaco blas.. hehehe, Sebagai contoh  catatan sendiri untuk evaluasi seperti dibawah ini, jadi kita bisa evaluasi selama 9 hole,  tee off/chip/2ndshot  berapa kali yang salah x (cacat apa salahnya, misal S=slice H=hook, T=topping  G = Grounded  K= kacau balau hehehe ) dan berapa kali yang sesuai keinginan v, jadi kalo ke driving kita tahu mana yang akan diperbaiki

Beberapa Pelatih Pro Golf Senior yang bagus dalam melatih pemula   yang saya kenal :

  1. Pak Martha - Driving Range Rawa Mangun, Pelatih di pondok indah yang spesial menangani pemula dengan metode David Leadbetter, untuk pemula dengan sistem paket 10 kali latihan @ 2 jam, Rp 2 juta
  2. Pak Agus - Bumi Wiyata Golf Driving Range  Depok, Senior yang sabar dan teliti memperbaiki pukulan kita, ratenya setiap pertemuan Rp 75 ribu/jam 
  3. Pak Syahruddin - Cilandak Golf Driving Range dengang topi koboi, telaten den diakhir sesi memberi catatan perbaikan2 yang perlu diingat dan dilatih (0818175323)
  4. Pak Ukat Kemayoran Golf Driving Range, Pelatih Senior yang berpengalaman  memberi arahan dan memperbaiki pukulan kita, ratenya setiap pertemuan Rp 100 ribu/pertemuan (0818757349)

Bila ingin gabung driving  atau main bareng  bisa contact ke BB pin no 21e5651

Happy Golfing


   Note : Bila info ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk menshare dengan  mengclick icon-icon dibawah ini : fb, tweeter, gogle+ dll... Terima Kasih 

9 comments:

  1. waaah terimakasih kang tip-tipnya sangat bermanfaat, smoga saya bisa cepat break 90

    ReplyDelete
  2. bagus infonya. kalo pelatih daerah bsd yang bagus dan harganya juga terjangkau dimana ya om?

    ReplyDelete
  3. Thank you buat tiapnya yang sangat membantu. Kebetulan saya sendiri adalah beginer dan baru berlatih 2 kali di driving range. Setelah saya membaca tips Anda dan menerapkannya hasilnya sangat memuaskan. Terima kasih
    Jenny

    ReplyDelete
  4. Thank you atas tipsnya. Setelah baca dan terapkan hasilnya sangat memuaskan. Saya beginer dan baru 2 kali latihan di driving range dan kebetulan teman suami, profesional golfer menjadi pelatih saya dia sangat senang dng result dan selalu memuji saya katanya saya punya natural ability dpn suamiku and yes my hubby jadi proud juga.
    Terima kasih banyak.
    Jenny (Fl)

    ReplyDelete
  5. menarik sekali tutorialnya gan lengkap dan menarik dibaca buat sy yang masih pemula

    ReplyDelete
  6. bagus untuk tipsnya.. titip Link Mungkin ada yang cari Bola golf Second Murah

    ReplyDelete
  7. terima kasih telah mampir, alhamdulillah kalau sharing pengalaman saya bermanfaat. senang sekali kalau ada masukan tip-tip apa lagi yang teman2 perlukan, biar nambah ide tuk melengkapi tulisan di blog ini. terima kasih

    ReplyDelete
  8. Info yang sagat bagus pak.....!!!!

    Saya numpang info bagi golfer yang butuh konsultasi tentang permaian golf dan club/stik golf saya dapat membantu.
    saya dapat menyesuaikan Driver, FRW, Hybrid/Resque/Utylity, Wedge, Putter serta assesories golf yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter golfer.

    Info Hub RICO Hp 0821 1218 6333 (Sales Consultan Top Golf)



    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas info Kang Heru yg sangat bermanfaat.. Smg menjadi amal jariyah, aamiin..
    Kalau boleh, mohon diinfokan jg tips ttg peregangan otot2 sblm kita mengayun stick, baik itu saat di driving range maupun sesaat sblm kita bermain di lapangan..
    All the best utk Kang Heru..

    Salam hormat,
    Taufan/ Cirebon.

    ReplyDelete