Friday, March 7, 2014

TIPS 5 PRINSIP AGAR PUTTING YANG STABIL


Gagal putting adalah bencana dalam permainan golf
Percuma kita sudah bisa 2 on di par 4,  tapi 3 x put hasil Bogey

Padahal, bisa 2 on di par 4, atau 3 on di par 5 dan 1 on di par 3  adalah hasil pencapaian yang luar biasa.. disebut dengan Green In Regulation . yang selalu diusahakan oleh para pemain pro lokal maupun internasional

Tapi kalau putt 3 x atau lebih  ...... waaah nangis dah


yang 2 on hasilnya jadi bogey
yang 3 on hasilnya jadi double bogey
karenanya latihan putting adalah konsumsi wajib saat driving 


Putting adalah bagian penting dari golf yang lebih mudah dipelajari daripada memukul dengan stick lainnya, apalagi tanpa perlu lapangan luas, kapanpun, dimanapun, di rumah, dikantor atau di dalam kamarpun dengan berbekal karpet biasa atau putting mat kita bisa latihan untuk melatih feeling pukulan kita agar bisa LURUS ARAHNYA sesuai keinginan dan SEDIKIT MELEWATI target lobang atau sasaran




STANDARD HASIL PUTTING

Target dalam putting adalah 2 x putt untuk jarak >1,2 meter 
Sedangkan untuk jarak <1,2 meter WAJIB 1 putt. padahal putting jarak dekat justru memberi tekanan mental yang berat, atau suka dibilang JARGEM ( jarak gemetar)




Semua pemain pro selalu konsentrasi penuh, cermat membaca kemiringan green  walau di jaraknya  sudah dekat, karena mleset sedikit saja bisa kalah satu point dan bisa ilang ribuan bahkan jutaan  dolar

 
 TIPS PUTTING DARI PRO ISHAK
Kalau  putting masih nggak stabil dan sering galau menggunakan teknik apa dalam melakukan putting, berikut ini ilmu dari pro Ishak pelatih senior di Cilandak Driving Range yang dengan senang hati berbagi ilmu filosofi dari putting dan 5 prinsip dasar agar putting kita bisa stabil, kata beliau dalam kondisi dan posisi apapun, pakai lima prinsip dasar ini, Insya Allah pukulan stabil






5 PRINSIP AGAR PUTTING YANG STABIL

Saturday, February 22, 2014

Tips Driver Shot tidak slice , contoh dari NA YEON CHOI

 Driver adalah stick golf yang paling sulit untuk dikuasai, dengan shaft yang paling panjang tapi dengan sudut paling kecil, rata-rata amatir memakai ukuran 9 sd 10,5  derajad


Walaupun telah dibantu head yang besar dan ringan,  didukung teknologi mutakhir, tetap aja mukul pakai driver adalah yang paling sulit. 
Penyakit yang paling banyak adalah pukulan  SLICE, bola melambung meluncur ke kanan masuk hutan atau ke hole sebelah
Penyebabnya macam-macam. Dari pengalaman yang paling sering adalah: 

Friday, November 29, 2013

Belajar Short Game dari Adam Scot

Apa yang saya lakukan dengan permainan short game saya adalah menyederhanakan teknik, dan itu membuat saya lebih percaya diri dan agresif. Ikuti tips saya di chipping, pitching dan permainan dipasir, dan anda juga, akan membuat pukulan ini terlihat mudah.

CHIPPING
APA YANG BIASA SAYA LAKUKAN (KANAN)

Saya punya banyak sandaran kedepan di setup saya, jadi saya akan mengechip bola yang terlalu kuat, atau aku akan meperlambat dan mencoba menyendoknya (kanan). Itulah mengapa saya mengalami kesulitan bahkan pada pukulan langsung salah satunya seperti yang di playoff di Augusta.

APA YANG SAYA LAKUKAN (BAWAH)
Jangan hantam bawah berlebihan

Tuesday, November 26, 2013

Tips untuk cepat bisa BREAK 90

BREAK 90 adalah apabila kita bisa menembus score dibawah 90 dalam 18 hole permainan golf, karena umumnya lapangan di indonesia dalam 18 hole total parnya adalah 72, maka untuk break 90 kita harus bermain tidak sampai 18 stroke diatas par

BREAK 90 adalah angka psikhologis yang menggambarkan progres peningkatan kualitas permainan dalam golf.... (hampir semua golfer waktu pertama break 90 rasanya gimana gitu... dan biasanya diapresiasi oleh teman2 diberi selamat dan support) 



Untuk bisa mencapai BREAK 90 ternyata susah2 gampang.

Susah, karena terbukti banyak yang sudah tahunan main golf gak bisa menembus score dibawah 90
Gampang, karena dengan bermain cukup sekali par dan sisanya bogey (over 1 stroke) disemua hole maka score hanya over 17, atau total 72 + 17 = 89 (teorinya gampang prakteknya suseeeh hehehe)

 Tapi repotnya dalam permainan sering terjadi kecelakaan terutama waktu tee off... karena diliat rame2 jadi ada beban pengen bagus mukulnya dan jauh .... eee hasilnya sering malah slice/hook topping/grounded,
Akibatnya bola nyasar .... bahkan tragisnya kalo nyemlpung kolam atao masuk daerah OB yaah kena penalty .. mental down.. pukulan makin kacau.. yang biasa di driving bagus dilapangan suka ilang

Golf memang olahraga yang sangat sensitif... salah sedikit dalam pegangan/grip. posisi berdiri, kemiringan badan, putaran bahu/pinggang, kemiringan back swing, posisi waktu impact.. folow trough dll .. gara2 nengok, kuda2 kurang kuat bahu naik dll hasilnya pasti kacau apalagi kalo lagi mukul pake driver. ngaconya makin ga keruan

 Berikut tips yang ane peroleh dari para senior golfer yang lumayan membantu saya yang waktu  baru setahun main golf tapi alhamdulillah sudah break 90.. 

Monday, September 2, 2013

TIP LONG DRIVE ALA JAMIE SADLOWSKI DAN ARLNORD PALMER

LONG HITTER

Pukulan Driver saat tee off yang jauh memang membanggakan, karenanya banyak pemain muda dan yang bertipe long hitter memperbanyak melatih memukul dengan driver

Driver shot merupakan yang paling jauh jaraknya, pada tahun 80an terjauh hanya 270an yard , sejalan dengan berkembangnya teknologi pembuatan driver head dan shaft, serta perkembangan teknik memukulnya maka saat ini beberapa pemain dapat mencapai jarak diatas 300 yard  


LONGEST DRIVE

Jamie Sadlowski adalah World Long Drive Champion saat ini. clubhead speed nya  140 mph. Longest Drive-nya dalam kompetisi adalah 419 yard (gilee beneer, kalo main di lapangan Indonesia par 4 bisa sering satu  on nih )


Berikut perbandingan pukulan driver  Jamie Sadlowski dengan pemain PGA pada umumnya



FULL SPEED

Menurut Jamie Sadlowski  memukul jauh bola golf bukan dengan power (kekuatan) dan semuanya harus dilakukan dengan speed (kecepatan), untuk menghasilkan speed yang tinggi dia menggunakan cara  full backswing 

Saturday, August 31, 2013

Tip Swing Golf dari No. 1 PGA Tour Golf Swings


Pukulan golf yang sempurna dihasilkan dari rangkain proses sejak setup, backswing, transition, power move,  Impact, Position dan Tempo 

Berikut kita belajar dari yang terbaik PGA Tour pada masing-masing proses tersebut 

No. 1 Setup: Adam Scott

No. 1 Backswing: Anthony Kim 

Tuesday, August 27, 2013

DRIVER SHOT.. PALING SULIT, PALING BERGENGSI

Banyak pegolf diintimidasi oleh  driver shots, memukul dengan  driver ini dapat menghasilkan jarak yang paling jauh dari semua stick golf yang dibawa.   Driver shots hanya dilakukan saat teeoff.   karenanya merupakan  pukulan paling bergengsi  , bayangkan semua pemain seflight melihat, bahkan kalau ngantri pemain-pemain flight belakang kita juga liat saat kita tee off. Kalau hasil pukulan bagus,  lurus apalagi jauh  wooow sangat membanggakan  karena semua akan mengapresiasi dengan tepuk tangan atau uangkapan.."mantaaap"  . Sebaliknya kalau  Slice atau Hook bola mlencong ke kanan atau kekiri, kalau pukulan topping atau grounded  bola cuma terlempar beberapa meter atau melambung tinggi

Besarnya pressure mental saat mau memukul dengan driver sering membuat kita kehilangan fokus, lupa semua teori dasar dari driver shots, Hasilnya bisa  Slice, Hook, Topping atau Grounded 

Salah satu cara agar tetap ingat   teori dasar saat teeoff apalagi dengan  driver adalah melihat catatan "tips driver shot" atau melihat video clip driver shot yang kita suka
Ingat , jauh lebih baik untuk memukul  driver  lurus 200 meter ke fairway daripada  300 meter tapi slice atau hook ke hutan
Berikut beberapa  video clip driver shot


bebrepa contoh berikut dari pemain pro wanita (LPGA) yang relatif lebih sesuai dengan teori, gerakannya tidak terlalu cepat dan enak diliat

Monday, August 26, 2013

Anak-anakpun Bisa Juara Dunia Golf - Lydia Ko

Tampangnya sih masih kaya anak-anak, tapi  Lydia Ko, pemain golf amatir sensasional Selandia Baru, hari minggu lalu tampil sebagai pemenang pada Kejuaraan Golf LPGA Kanada Terbuka 2013 dengan total score -15 (65-69-67-64 = 265)  mengalahkan pemain-pemain profesional yang lebih senior darinya, lihat ... badannya masih lebih kecil dibanding sama pialanya


Hebatnya ini adalah kemenangan untuk kedua kalinya,  Ko, tahun lalu menang juga di Vancouver saat berusia 15 tahun dan ia adalah pemain termuda dalam sejarah pemenang turnamen LPGA, 

Friday, July 19, 2013

Usia bukan halangan untuk berprestasi di The Open Championship 2013



  

 Opa Jimenez Pimpin pada Akhir   Putaran Kedua The Open 2013


.
Miguel Angel Jimenez pegolf Spanyol berusia 49 tahun ini   membuktikan bahwa usia bukan halangan untuk berprestasi.  Dia memimpin perolehan poin pada akhir putaran kedua The Open Championship, Jumat (19/7/2013), dengan tiga di bawah par 
Sebenarnya, pada putaran kedua, Jimenez "hanya" mencetak par. Namun, catatan ini membuktikan bahwa dia mampu bermain stabil dan mempertahankan tiga poin di bawah par yang didapat pada putaran pertama.




Hasil par di putaran kedua juga didapat oleh kandidat kuat juara turnamen ketiga dalam rangkaian Major Championships ini, Tiger Woods.


Pegolf Amerika Serikat ini menutup putaran kedua dengan menempati posisi dua bersama tiga pegolf lain, dengan skor dua di bawah par .

Tuesday, June 18, 2013

Golf: Olahraga yang paling sulit di dunia? Tapi paling Menggemaskan.. Bikin penasaran euy..


Siaalan olah raga yang satu ini
Keliatannya mah gampang.... 
Cuma mukul bola diam apa susahnya
Tapi kenyataannya.. Ampuuuuun

Buat yang pertama nyoba mukul bola golf 
Bisa tepat kena bola aja belum tentu bisa, 
Apalagi untuk bisa melambung jauh dan terarah
Perlu latihan beberapa kali baru bisa kena dan melambung



Menurut penelitian para ahli, ternyata Golf: adalah termasuk olahraga yang paling sulit di dunia.
Jadi kalau Panjenengan atau Anda ngerasa gak maju-maju atau naik turun skorenya, yah harap dimaklum.

Golf ini satu-satunnya olahraga yang juaranya gak bisa menang di 60 % turnamen yang dia ikuti, 
Liat aja tigerwood tahun 2013, gak selalu menang, abis sebelumnya juara, malah terakhir jeblog di rangking 30an

Thursday, April 25, 2013

Tips Divring Golf yang Efektif



Ketika pergi ke driving range itu ibarat kita ke bengkel untuk tune up atau perbaiki kerusakan atau masalah

1. Perbaiki Masalah Swing


Kalau lagi ada masalah dengan pukulan kita,  misal dari permainan terakhir pukulan driver banyak slice,  tentu perbaikan driver yang slice menjadi porsi besar dari waktu kita di driving range,  50 %  waktu dan bola kita gunakan untuk memperbaiki pukulan driver tersebut.