Swing Rory

Swing Rory
swing

Monday, August 18, 2014

TIP CHIP YANG AKURAT DAN KONSISTEN - Belajar Golf & Latihan Golf, bELAJAR cHIP


Prinsip-prinsip akurat dalam Chip


Apakah para pegolf pro seperti  Jose Maria Olazabal, Tiger Woods dan Sergio Garcia semua memiliki kesamaan? Jawaban:
Ya... Mereka semua  jarang  mendapatkan kesulitan dalam memukul long shot, tetapi ketika mereka melakukan kesalahan, short game telah menyelamatkan  mereka, dan chipping yang akurat adalah salah satu senjata yang paling ampuh dalam short game  mereka
Sebagian besar pemain dengan handicap  rendah memiliki  chip yang akurat. 

Chip shot sebenarnya adalah salah satu pukulan yang mudah untuk dipelajari dibanding pukulan jaran jauh dengan iron, wood apalagi driver.. 
Namun jangan lupa Chip Shot  ini justru menjdi salah satu senjata  yang paling penting  


Dari pengalaman saya selama ini, mungkin juga Anda, ketika tee off bagus, tapi chip shot jelek apalagi putting juga kurang bagus ( 2 - 3 put), hasilnya pasti sangat mengecewakan, dongkol.

Sebaliknya, bila tee off jelek, hook atau slice (yang biasanya masih bisa diselamatkan kalau kita nggak napsu) tapi chip shot kita ciamik... jatuh mendekati hole (sehingga mudah tuk one put atau maksimum two put). pasti masih bisa tersenyum.. atau sedikit lega.. 

Dalam pertandingan, chipping yang akurat dapat menyelamatkan Anda satu atau dua stroke pada scorecard anda... bahkan bagi pemain pro dapat menambah ribuan dollar hadiah mereka. karenanya untuk short game termasuk chip shot, sebelum melakukan chip shot mereka pasti sangat hati2, berdiskusi dengan caddy yang seharusnya lebih memahami struktur green, mereka berhitung keras 
- bagaimana kondisi kemiringan green? (menurun atau menaik atau miring kiri atau kanan), 
- bagaimana karakter rumputnya? ( licin atau menahan)
- dimana letak hole? ( didepan, ditengah, dibelakang)  
kemudian ditentukan dimana akan dijatuhkan bola, apakah dekat lobang dengan chip agak tinggi atau agak jauh dari lobang dengan chip rendah yang menghasilkan rolling bola lebih banyak
Kepercayaan diri, pengalaman, dan kemampuan imajinasi  semuanya  berkontribusi untuk bisa melakukan chipping akurat dengan  teknik yang baik. 

Para pegolf profesional bermain dengan berbagai variasi pukulan di sekitar green . Satu pemain dapat menggunakan sand wedge  untuk melakukan chip dengan dari sebuah tempat tertentu, sementara pemain  lain menggunakan W60/54 atau bahkan  iron 9 dari tempat yang sama. Terlepas dari apa klub yang mereka gunakan, mereka semua memilih tempat jatuhnya bola  sebelum memukul bola, 

Kunci dalam chip adalah : 
  • Memilih/menentukan dulu  tempat pendaratan bola.  
  • Lakukan gerakan yang menyatu, one-piece takeaway. 
  • Mengayun dan memukul bola  pada chip dengan menggunakan lengan dan tangan
  • Hanya memerlukan sedikit atau bahkan  tidak ada transfer berat badan, sehingga menempatkan berat badan Anda pada sisidepan Anda dan tetap di sana. 
  • Jaga kepala dan pandangan mata Anda tetap masih pada posisi semula  ketika memukul bola ( jangan menoleh).
Mengatur Backswing  juga penting. Panjangnya backswing akan  menentukan panjangnya hasil chipshot, makin panjang backswing makin jauh jatuhnya bola.  Sadari benar2 ketika melakukan  backswing ketika chipping. Juga, Lakukan backswing secara smoothly  dan  slowly ( lembut dan halus... jangan buru-buru, nikmati seperti penari menghayati gerakannya), sehingga membuat  pergelangan tangan Anda melawati ayunan  secara alami.

Ketika melakukan downswing, pastikan tangan Anda tetap di depan clubhead untuk memastikan sentuhan ke bola sebelum menyentuh rumput. Tujuannya adalah untuk menggesek   blade dari clubhead di bawah bola.
Jangan biarkan tangan kanan menyeberang tangan  kiri Anda setelah terjadi impact. Dikenal sebagai "holding the clubhead," suatu teknik untuk  terus menjaga clubface terbuka, hal ini akan menciptakan tembakan tinggi yang lembut mendarat di tanah.


Berlatih Chip dengan  Berganti  Club
Mencoba-coba chipping dengan berganti  club  sangat baik untuk melatih kemampuan chipping Anda. Itu mensimulasikan memukul dari pinggiran green  atau fairway ketika tempat pendaratan Anda adalah sekitar 3 meter jauhnya, tapi bola harus rolling  sekitar 15 meter atau lebih. 

Idenya adalah untuk memukul dengan  menggunakan berbagai klub dengan gerakan yang sama untuk belajar feel kita dan pemahaman tentang jarak dari pukulan kita.

  • Pilih green  yang menantang . Mungkin yang memiliki beberapa lembah di dalamnya atau mungkin memiliki kemiringan yang tajam. 
  • Kemudian pilih tempat sekitar 3 meter  dari green,  
  • Atur satu klub sekitar dua setengah meter di belakang bola dan klub lain sekitar dua setengah meter di depan bola untuk memberikan Anda gambaran tentang  jarak. 
  • Dengan gerakan identik memukul tembakan chip dengan masing-masing empat klub, sand wedge, besi 9, 7 besi dan besi 5.
Setelah memukul bola Anda akan melihat semakin rendah no club bahwa bola akan  berjalan lebih jauh . Pilih Klub yang akan tanah bola sekitar dua sampai tiga meter di green  dan sisnya akan rolling menuju  ke lubang. Ingat juga  faktor kemiringan dan/atau kecepatan green ketika memilih sebuah klub.

Menggunakan klub yang berbeda akan memberikan feeling yang makin yahuud. Anda bisa menentukan kapan akan memukul dengan rolling bola lebih jauh, atau dengan club yang berbeda  pada tanah yang lembut dan bisa  berhenti, hai ini akan membuat Anda   lebih mudah untuk memilih club pada permainan berikutnya


Terus berlatih  terus sampai bisa mencapai dalam  jarak semeter dari pin. Oleh itu, Anda harus mulai melihat keuntungan dari akurat pitching tidak hanya akan menurunkan score tetapi juga menurunkan handicap.

sumber dimodifikasi dari :


No comments:

Post a Comment